h1

Terlalu Lama Menunggu

December 18, 2008

Dulu udah pernah aku tulis tentang unek2 ini tapi karena sekarang kejadian lagi (dan pengen curhat lagi 😀 ) jadinya diputuskan untuk menulisnya lagi..

Proyek yang kukerjakan sekarang bener2 nuntut kesabaran ekstra tinggi, bukan kemampuan coding atau programming super hebat. Ini benar-benar seperti uji kesabaran.

Gimana engga, komputer dengan prosesor 2 giga hertz dan memori 2 giga byte dibikin kelimpungan memproses sebuah “text editor berat” (saya sebut begitu karena IDE Visual Studio 2005 mirip sebuah text editor dengan tambahan sana-sini yang membantu programmer dalam membangun aplikasi, namun juga memberatkan kerja komputer karena tambahan2 itu sangat menyita kapasitas memori). Proyek ini memang ngga bisa dianggap kecil. Source code nya sendiri terdiri dari ratusan file, tiap file nya mengandung ratusan bahkan ribuan baris code. Sebuah server yang merupakan bank source code diakses oleh lebih dari 10 programmer dan tidak pernah mati 24 jam selama 7 hari dalam 4 minggu sepanjang tahun.

Belum lagi saat mengerjakan data spasial yang melibatkan ArcGIS  dan komponen-komponennya. Waktu untuk kompilasi lebih banyak daripada waktu untuk menulis kode. Saat proses kompilasi, komputer mengerahkan tenaganya sampai titik elektron penghabisan dan kalau bisa tidak boleh diganggu, atau prosesnya memakan waktu lebih banyak lagi. Yah…selama proses itu berlangsung, apa daya…harus menanti..dan menanti….

Begitu proses selesai dan telah dihasilkan sebuah executable, ternyata masih ada kesalahan program. Harus diperbaiki, dan setelah itu kompilasi lagi. Nunggu lagi…..begitu seterusnya sampai-sampai aku merasa jenuh….capek….

One comment

  1. Klo lama mah mbaa.. yo wiss di tinggal jaa.. dari pada pegel toh kaki… hehee… 🙂



Leave a comment