Archive for February, 2008

h1

[Visual Basic 2005] – Binding Data Tanpa DataSet maupun DataAdapter

February 28, 2008

.NET Framework menyediakan model data yang dapat digunakan sebagai cache data sementara dari database dan me-load nya ke memori lokal yaitu DataSet. Developer seringkali menggunakan data model ini untuk menampung hasil data dari query yang kemudian diolah lebih lanjut, misal, binding ke DataGridView atau ComboBox.

Permasalahannya, karena Microsoft telah menyediakan komponen-komponen dan class yang bertugas untuk melakukan binding data-data tersebut, akhirnya mau tidak mau kita tergantung kepada aturan dari komponen-komponen tersebut dan ini sedikit ribet jika data yang akan kita binding harus dilakukan pengolahan terlebih dahulu. Lebih banyak hapalannya daripada logikanya. Bahkan query yang biasa dilakukan misal, Inner-Join pun harus dilakukan dengan aturan parent-child ala DataSet yang menurut saya kurang intuitif.

Bayangkan jika data yang kita bind ke DataGridView harus dihitung dulu, diterjemahkan ke kata-kata lain, diubah dalam ComboBox kemudian menentukan SelectedIndex nya, CheckBox, dan sebagainya.

Ada alternatif lain yang mungkin sedikit melanggar “aturan resmi” yaitu melakukan fetching data dengan OdbcDataReader. Read the rest of this entry ?

h1

Ga Sembuh-sembuh….

February 27, 2008

Ini udah hari ke 5 sejak Jumat minggu lalu terkena penyakit batuk nan misterius. Dan sampai hari ini masih blom ilang…huhu mpe kapan ini akan berlanjut….

h1

Makanan Kucing yang Murah dan Bernutrisi Tinggi

February 25, 2008

Makanan kucing mahal? bahkan lebih mahal dari porsi makan kita sendiri?
Kalau mau sedikit repot (dan bau amis) kita bisa bikin sendiri dengan biaya sampai sepersepuluh dari makanan kucing kemasan yang biasa dijual kemasan.
Resepnya gampang kok. Yuk mulai..

Bahan adonan utama resep ini adalah ikan pindang yang fresh/masih baik kondisinya dan belum basi.
Ikan ini bisa dibeli di pasar dengan kisaran harga sekitar 3000-6000 sekotak yang isinya antara 4 (kalau gede2) sampai 5 (kalau kecil2). Setengah ekor ikan pindang yang gede bisa buat 1 kali makan 1 ekor kucing dewasa. Jadi kalau satu hari makan 2x berarti 1 ekor untuk satu hari. Kalau pindangnya termasuk kecil maka 1 ekor untuk 1 kali makan. Ini udah ukuran yang termasuk “rakus” jadi masih bisa diirit lagi sesuai dengan tingkat “ke-rakusan” kucing anda 😀 .

Lalu apa yang kita lakukan dengan ikan pindang ini?
Bahan kedua adalah, sekepal nasi. Ya, cabik2 pindang tersebut dan campurkan dengan nasi sehalus mungkin. Mungkin awal2 akan terasa jijay karena maklum lah…ikan mentah kan amis. Tapi bertahanlah!! Demi uang saku dan kelanjutan hidup kucing anda hihihi XD

Perbandingan yang sesuai antara ikan pindang dan nasi tidak ada patokan pastinya. Kalau saya biasanya untuk setengah ekor pindang gede atau satu ekor pindang kecil, dicampurkan dengan satu kepal nasi atau satu entong (penciduk nasi). Untuk percobaan, hari pertama beri kucing anda dengan adonan yang sudah dibuat. Kalau dimakan sampai habis, hari berikutnya kurangi presentase pindang dan perbanyak nasi-nya. Kalau masih habis juga besoknya kurangi lagi. *lama-lama ga ada pindangnya pun dimakan juga nih…kasihan si kucing* ya ngga laah… Nah kalo pada pengurangan terakhir ternyata ngga habis dimakan, berarti perbandingan porsi sebelumnyalah yang paling pas dan paling irit 😀

Resep diatas udah 4 bulanan ini aku terapkan ke kucingku dirumah. Dan sehat2 aja tuh ^^ malah sekarang udah punya 4 anak. Meskipun satu anak mati gara2 diserang kucing liar 😦 Anak2nya juga saya kasih resep yang sama dan mereka gemuk2 sekarang 😀

Tentang bau amis yang menghiasi jari2 anda (khekhekhe..) santai aja, cuci dengan sabun cuci sebanyak mungkin, bau itu akan hilang. berganti dengan bau sabun yang wangi. Yah namanya juga pengorbanan…tidak ada yang sia2 kok hehehe….oke selamat mencoba.

h1

[Visual Basic 2005] – Koneksi Database dengan ADO Connection String

February 24, 2008

Bagi programmer yang terbiasa melakukan segalanya dengan cara manual (tanpa wizard) kadang-kadang terganggu dengan cara Microsoft “memudahkan para pengembang” dengan menyediakan banyak wizard yang bertele-tele hanya untuk melakukan satu tugas. Parahnya, terkadang wizard ini malah mengulur-ulur waktu karena harus mempelajari option-option yang diberikan. Padahal jika di-coding secara manual, permasalahan yang sama bisa selesai dalam waktu beberapa menit.

Salah satu contohnya adalah mengkoneksikan program dengan database server. Microsoft menyediakan wizard melalui IDE Visual Studio 2005 nya. Bagi beberapa orang mungkin wizard ini lumayan membantu (karena tidak usah banyak-banyak coding, tentunya 😀 ) tapi bagi saya hal ini kurang memuaskan. Melakukannya dengan cara manual membuat saya lebih memahami konsep koneksi database ini dan lebih banyak yang bisa saya kustomisasi sendiri dibandingkan dengan menggunakan wizard. Read the rest of this entry ?

h1

Ada Apa dengan Seragam Sekolah di Indonesia?

February 24, 2008

Mengapa seragam sekolah di indonesia desainnya begitu-begitu aja?

😀

mungkin salah satu faktor yang membuat seragam sekolah di Indonesia gitu2 aja (terutama sekolah negeri) adalah filosofi pemerintah yang tidak ingin membeda-bedakan antara orang kaya dan yang pas2an.
termasuk juga untuk tidak membedakan mana murid dari sekolah bagus dan yang tidak. atau bisa juga karena untuk membuat seragam yang aneh2 diperlukan biaya yang lebih oleh karena itu hanya sekolah2 yang kaya (atau mahal SPP-nya) yang bisa mengakomodasinya. alhasil hanya anak orang2 kaya saja yang bisa bersekolah disitu. kembali lagi ke masalah kesenjangan sosial.

padahal dengan adanya seragam yang unik dan sedap dipandang, ada beberapa keuntungan antara lain :
1. jadi lebih semangat berangkat sekolah
2. ada kebanggaan tersendiri terhadap almamater
3. memberikan “warna baru” pada dunia pendidikan. misal nantinya bisa ada lomba kreatif2an seragam sekolah, dll..
4. secara tidak langsung menunjukkan kredibilitas sekolah bersangkutan
5. ada lagi yg mau nambahin?

beberapa sekolah swasta disini juga sudah mulai banyak yang membuat desain seragam mereka sendiri yang unik. dan hasilnya, ada kesan eksklusif tersendiri disana.

mungkin kalau tiap sekolah diberi otonomi tersendiri untuk membuat desain seragam mereka sendiri, tak lama kemudian muncul desain2 cute seperti yang biasa kita lihat di sekolah2 jepang/korea. yah tapi dengan mempertimbangkan konsekuensi2 yang udah disebutkan diatas ^^

h1

Kitties…. ^^

February 23, 2008

Started from December 2006 ago, my house became crowded by cute voices sounded “miaw miaw” 😀

4 kitties have born ^^ yatta…. 😀

the actual date…uhm honestly i’m a little bit forgot, but it’s around christmas or between – 24th or 29th.

Now their ages are almost 2 months. There have been so many happy and sad moments we cross together.

Still intact in my head that sad moment, when one of them have been dead. she leave this world in one cloudy day, by an attack from a wild cat. She died in one strike, leaving a body with full of blood caming out from her neck. Looks like that damn cat was bite her right on her neck here. I don’t know what motivation he was to do that.

Now my kitties remains 3…

h1

While Health is Sure Expensive

February 23, 2008

Later in the time, i feel my life turning out hurt and hurting myself.

Because of sickness. My throat feels so damn hurt,
my stomach can’t holds any longer…just to perform some coughs.

Yea….i have cough right now 😦