h1

Catastrophic Failure

November 13, 2008

IDE Visual Studio 2005 sangat hebat karena dia punya compiler yang terus menerus berjalan di background dan mengoreksi baris demi baris kode program agar cepat ketahuan kalau2 ada kesalahan dalam penulisan sintak dan juga tugas2 otomatis lainnya yang bisa dilakukan karena aktivitas background compiler ini. IntelliSense misalnya.

Eventhough there is one big drawback. Kalau project yang dikerjakan tergolong besar, bahkan sampai melibatkan source controller, maka VS2005 akan berjalan lambat seperti liliput. Tidak menutup kemungkinan pula terjadi error yang tak terhindarkan – catastrophic failure- seperti yang baru saja saya alami. Error ini terjadi pada background compiler. Untungnya saya tidak kehilangan kode yang saya tulis.

Kejadiannya sungguh instan, ketika sedang menulis kode, tiba-tiba muncul dialog yang menyatakan sebuah error pada compiler yang mengharuskan VS2005 ditutup secara paksa (sy biasa menyebutnya dialog “Don’t send”) Tentu saja saya kaget setengah mati. Dokumen source code yang saya kerjakan juga belum disave. Terbayang kalau2 harus mengulang semuanya dari awal…berapa jam kerja yang akan terbuang….

Tapi ternyata tidak seburuk itu. Yang dinyatakan error dan harus ditutup adalah background compiler, dan bukan keseluruhan IDE. Untunglah…sebuah tarikan nafas serasa menyegarkan seluruh pembuluh darah. Sebuah dialog muncul untuk memperingatkan agar segera men-save dokumen dan me-restart IDE. Namun karena tanggung, saya lanjutkan saja beberapa baris kode daripada nanti kelupaan. Karena ketidakadaan compiler tersebut, IDE Visual Studio 2005 terasa bagaikan notepad biasa, tanpa bantuan autocompletion dan auto error check yang biasa memanjakan para coder. Dan tentu saja, sangat cepat dan responsif😀

Apa sebaiknya compilernya dimatikan terus saja ya…

2 comments

  1. Yang ini aku benar-benar tidak ngerti kak..

    *bingung mode on/off


  2. hehehe..maaf ra, cuma pengen menumpahkan unek2 aja koq ^^



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: