h1

PENS – ITS : Nostalgia yang berakhir tragis

September 8, 2008

Tujuan awalnya minta transkrip sementara sekalian bernostalgia mengenang masa2 kuliah dan bimbingan TA. Sekalian mumpung lagi di surabaya.

Masuk gedung L lewat samping, ada seseorang yang keliatannya dosen, melambaikan tangan isyarat memanggil. Karena ga mau ge-er, sy noleh kebelakang, mungkin manggil orang lain. Ternyata sy yang dipanggil. Begitu dekat, sy ditanya :

“Mas, anda beneran mahasiswa poltek?” Dengan suara keras dan tatapan mata tajam.

Sambil mengerutkan dahi, “Bener pak…”

Masih dengan ekspresi sok jahat, “Coba lihat KTM anda?!!”

Dengan masih bertanya2 dalam hati, sy keluarkan KTM dan berikan ke bapak tersebut. Ketiga teman sy jg ditanya tentang KTM. Setelah lihat KTM sy kemudian si bapak nyeletuk,

“Mahasiswa poltek kok GONDRONG gitu mas, anda potong rambut dulu!!”

WHAT??!! Masih agak kurang percaya dengan kata-kata si bapak, lelucon baru nih? Ternyata si bapak serius. Dan KTM sy dibawa sambil jalan (sok) cepat meninggalkan sy dan teman-teman. Saya kira si bapak minta diikutin trus rambut sy mau dipotong ngawur di ruangannya. Belum lama sy nguntit dibelakangnya, tiba2 tu bapak ngumpat lagi,

“LHO ANDA NGAPAIN? SANA POTONG RAMBUT DULU” Masih dengan intonasi tinggi plus muka sewot biar keliatan garang.

Hah? Bukannya si bapak pengen diikutin? Tanya sy dalam hati. “Err…iya pak abis ini sy mau potong rambut…trus KTM saya pak…?”

“KAMU POTONG RAMBUT DULU!!! KOK MALAH NGIKUTIN SAYA!! KAMU GOBLOK YA???!!”

GOBLOK……….

GOBLOK…….GOBLOK…..

Toenggg….toeeeenggggg…….kata2 terakhir terdengar menggema persis kaya di studio musik yang ga pake peredam. Baru sy ngeh, ternyata maunya bapak ini sy potong rambut dulu baru KTM dikembalikan. Tapi….ya ampun…seorang dosen, berucap sebuah kata “sakral” seperti itu. Di bulan puasa lagi….ya Allah…. Setelah kata-kata itu, sy pun berhenti dan nyengir ke arah si bapak yang (lagi-lagi sok) cuek dengan langkah yang (lagi-lagi sok) cepat meninggalkan saya. Astaga…

Dalam hati saya tersenyum kecut, mentertawakan tingkah seorang bapak-bapak yang lupa tempat dan waktu mengira sedang berhadapan dengan anak kecil yang takut bentakan.

Saya tidak tau siapa nama bapak tersebut tapi berdasarkan referensi dari teman saya, suspect (baca : dosen tersebut) diduga bernama Iri*nto yaitu dosen Matematika yg biasa ngajar jurusan mekatronik dan otomasi. Baru sekedar dugaan karena menurut rumor dosen tersebut memang gemar berkata kasar dan membentak2. Saya sendiri belum pernah diajar namun mungkin ada benarnya juga dugaan tersebut.

Anyway, sy sedikit mereview, sy hidup di dunia perkuliahan belum pernah ada teguran mengenai rambut gondrong yang sampai separah itu (bentak2 plus sita KTM bonus umpatan sakral). Well…bolehlah kalo kita hidup di dunia sekolah, SD, SMP, SMA…namun…plis deh …KULIAH..??!! Teman-teman saya yang juga sama-sama kuliah, ada yg lebih parah gondrongnya, di kampus2 lain pun sy biasa menemui mahasiswa gondrong. Singkatnya, biasa lah mahasiswa pria berambut panjang.

Saya akui memang kurang rapi dengan penampilan gondrong. Tapi apakah perlu sampai membentak dan mengumpat…? Dan yang lebih parah, seorang DOSEN yang melakukan hal itu. Lagipula sy sudah lulus…? Kalo mau silahkan ambil aja KTM saya, mungkin mau di-pigura, diberi testimonial : Mahasiswa eksentrik dengan rambut panjang yang berhasil saya UMPAT urutan yang ke-seratus sekian-sekian. (saking banyaknya mahasiswa yang pernah dapet “hadiah” door prize dari beliau)

So…where is the respect?

4 comments

  1. Terus kak renxe potong rambut nggak? Mendingan tak usah di potong aja…
    Ntar ke sana lagi, lewat di depan pak dosen itu…, kalau perlu ntar rambut kak renxe dibuat acak-acakan ja…
    Huh… Dosen menyebalkan…
    Berkata kasar di bulan ramadhan…
    KTM nya nggak usah di ambil kak, biar dikoleksi dia ja, mungkin dia itu dosen pengkoleksi KTM…


  2. hihihihi..
    ya akhirnya potong sih, itu jg karena mau ada interview kerjaan, bukan karena si bapak.
    iya tuh KTM lagian dah lulus jg. mungkin dirumahnya dah ada setumpuk KTM2 dari berbagai jenis mahasiswa…yah biarkan sajalah…kapan2 klo sempet diambil😀


  3. haha…
    asal jangan jadi gondhes aja (gondrong ndheso😛 )
    dulu saya juga sempet gondrong, malah dikira cewek😛


  4. haha sy juga pernah
    pas nganterin temen naik mobil, dikira dari luar temen sy barengin cewek, padahal ya saya😀



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: