h1

[Tutorial] – Photoshop – Manipulasi beberapa gambar sekaligus secara otomatis

July 11, 2008

Photoshop bisa melakukan hampir semua yg kita inginkan dalam hal manipulasi file gambar.
Terkadang kita ingin melakukan beberapa langkah manipulasi yang sama untuk beberapa file.
Contohnya kalo kita buka usaha photobox, maka ngga mungkin kan kita ngeditin file2 hasil foto itu satu2…kelamaan. dan lagi kita melakukan hal yang sama berkali2…maka akan jadi pekerjaan yang paling membosankan😛

Oleh karena itu Photoshop dilengkapi dengan fitur Automate yang bisa melakukan beberapa rutin pekerjaan secara otomatis baik untuk single file maupun multi file (batch).

Untuk tutorial kali ini kita mencoba melakukan resize beberapa file sekaligus. Meskipun begitu, teknik yang akan kita gunakan nanti tidak menutup kemungkinan juga diterapkan untuk rutinitas lain, semisal, mengubah brightness and contrass, level, dan lain2. Pokoknya hampir semua yang bisa kita lakukan di photoshop bisa dibikin batch-nya.

Baiklah kita mulai. Langkah2nya disusun secara poin to poin biar enak dibaca.

1. siapkan beberapa buah file gambar, buat folder dan beri nama images_source, letakkan gambar2 di folder tersebut.

2. buat lagi folder kosong bernama images_target

3. kemudian buka satu saja gambar yang berada di folder images_source untuk kita buatkan automate nya. terserah gambar yang mana saja.

4. Pada Actions window, klik pada icon Create new set beri nama “My Custom Set”. Kemudian klik icon “Create new action” beri nama “Resize” kemudian tekan tombol Record. Begitu tombol ini ditekan, maka segera apa yang kita lakukan akan direkam oleh photoshop.

5. Buka menu Image >> Image Size. Pada form Image Size, type the value which you want the image to be resized *maaf tiba2 pake inggris, susah ngomongnya ke indo😀 * kalo udah klik OK. satu langkah telah kita rekam.

6. Untuk lebih meyakinkan lagi, kita lakukan langkah tambahan. Hal ini hanya untuk menunjukkan kalau beberapa langkah yang kita lakukan bisa dijalankan lagi secara otomatis.

7. Buka menu Image >> Adjustments >> Desaturate. Gambar kita akan jadi hitam putih.

8. Sekarang untuk menyimpan gambar, klik File >> Save for Web, tentukan lokasi penyimpanan yaitu di folder images_target.

9. Untuk mengakhiri perekaman, klik pada ikon Stop playing/recording pada window Actions. Kemudian buka folder images_target, hapus file yang baru saja kita simpan tadi. Hal ini untuk menjaga agar tidak terjadi duplikasi dan agar pekerjaan kita bersih dan sistematis ^^

10. Oke sekarang kita siap menggunakan batch yang telah kita buat. Pada menu klik File >> Automate >> Batch

11. Pada selection Set, pilih “My Custom Set“, pada selection Action, pilih “Resize“. Pada Source pilih “Folder” kemudian Choose, pilih folder “images_source“. Pastikan pada “Override Action “Open” Commands” dalam keadaan tidak tercentang. Namun pada “Suppress file Open Options Dialog” dan “Suppress Color Profile Warnings” pastikan dalam keadaan tercentang.

12. Pada selection Destination, pilih “Folder” tekan tombol Choose pilih folder “images_target” yang telah kita buat di awal tadi. Pastikan “Override Action “Save As” command” dalam keadaan tercentang. Pada group File naming, biarkan saja seperti adanya. Kecuali anda ingin menerapkan aturan2 penamaan yang digunakan untuk menamai gambar hasil batch nanti.

13. Untuk menjalankan batch, tekan OK and that’s it ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: