h1

Makanan Kucing yang Murah dan Bernutrisi Tinggi

February 25, 2008

Makanan kucing mahal? bahkan lebih mahal dari porsi makan kita sendiri?
Kalau mau sedikit repot (dan bau amis) kita bisa bikin sendiri dengan biaya sampai sepersepuluh dari makanan kucing kemasan yang biasa dijual kemasan.
Resepnya gampang kok. Yuk mulai..

Bahan adonan utama resep ini adalah ikan pindang yang fresh/masih baik kondisinya dan belum basi.
Ikan ini bisa dibeli di pasar dengan kisaran harga sekitar 3000-6000 sekotak yang isinya antara 4 (kalau gede2) sampai 5 (kalau kecil2). Setengah ekor ikan pindang yang gede bisa buat 1 kali makan 1 ekor kucing dewasa. Jadi kalau satu hari makan 2x berarti 1 ekor untuk satu hari. Kalau pindangnya termasuk kecil maka 1 ekor untuk 1 kali makan. Ini udah ukuran yang termasuk “rakus” jadi masih bisa diirit lagi sesuai dengan tingkat “ke-rakusan” kucing anda :D .

Lalu apa yang kita lakukan dengan ikan pindang ini?
Bahan kedua adalah, sekepal nasi. Ya, cabik2 pindang tersebut dan campurkan dengan nasi sehalus mungkin. Mungkin awal2 akan terasa jijay karena maklum lah…ikan mentah kan amis. Tapi bertahanlah!! Demi uang saku dan kelanjutan hidup kucing anda hihihi XD

Perbandingan yang sesuai antara ikan pindang dan nasi tidak ada patokan pastinya. Kalau saya biasanya untuk setengah ekor pindang gede atau satu ekor pindang kecil, dicampurkan dengan satu kepal nasi atau satu entong (penciduk nasi). Untuk percobaan, hari pertama beri kucing anda dengan adonan yang sudah dibuat. Kalau dimakan sampai habis, hari berikutnya kurangi presentase pindang dan perbanyak nasi-nya. Kalau masih habis juga besoknya kurangi lagi. *lama-lama ga ada pindangnya pun dimakan juga nih…kasihan si kucing* ya ngga laah… Nah kalo pada pengurangan terakhir ternyata ngga habis dimakan, berarti perbandingan porsi sebelumnyalah yang paling pas dan paling irit :D

Resep diatas udah 4 bulanan ini aku terapkan ke kucingku dirumah. Dan sehat2 aja tuh ^^ malah sekarang udah punya 4 anak. Meskipun satu anak mati gara2 diserang kucing liar :( Anak2nya juga saya kasih resep yang sama dan mereka gemuk2 sekarang :D

Tentang bau amis yang menghiasi jari2 anda (khekhekhe..) santai aja, cuci dengan sabun cuci sebanyak mungkin, bau itu akan hilang. berganti dengan bau sabun yang wangi. Yah namanya juga pengorbanan…tidak ada yang sia2 kok hehehe….oke selamat mencoba.

About these ads

156 comments

  1. Sayangnya.. gw dah gak punya kucing lagi..huhuhuhu

    kyknya ini berguna untuk cK *lirik2 cK*


  2. Waduh, makanannya istimewa sekali…
    Dulu pernah punya kucing, dikasih makan apa aja juga dimakan… :P


  3. hehehe…istimewa ya…kadang2 terpikir, dari ikan pindang kok bisa2nya jadi 4 ekor anak kucing ya :D :D


  4. numpang tanya, pindangnya diapain ya? direbus atau digoreng atau diapain.

    thanks.


  5. pindangnya mentah aja. tp bukan yg mentah fresh dari laut. biasanya klo yg dijual di pasar2 udah dalam keadaan 1/2 mateng.

    sebaiknya jangan digoreng, soalnya bakal keras n susah nyampur ma nasi nya.


  6. kl aku sih ikan pindang dicampur sama bubur sumsum, jd ikan pindangnya direbus terus di tambahin tepung beras yg udah dilarutkan dg sedikit air, masak terus sampai mengental/jadi bubur sumsum, kadang ikan pindangnya aku ganti dg ati sapi. lumayan bubur ini bisa tahan sampai 3-5 hari dalam lemari es, dan kucing ku nggak pernah mencret tuh :-) dan tangan ku nggak pernah bau amis


  7. wah boleh juga tuh resepnya…
    tapi agak ribet juga ya. lumayan, tangan ga amis ^^


  8. kalo aku kucing nya aku kasih ikan bandeng , kata dokter gg boleh , katanya bulu ya rontok .. bener gg ?


  9. waduh boleh juga tuh resepnya .. tapi sayang kucingku udah terbiasa makan freskies dan buah buahan … pernah dikasih pindang malah mencret-mencret dan muntah muntah … gimana ya …


    • masa makan buah


  10. ty ya buat infonya..


  11. itu sih namanya ikan cuek yah..makanan kucing klasik..hihihi..

    buat bedul : makan buah2an..emang kucing doyan buah??


  12. Kalo gitu sama dengan resep saya, kalo saya pakai ikan gereh pindang, goreng sebentar, lalu saya gerus pakai ciri & mutu (alat dapur) kemudian dikoleh dengan nasi sampai rata (takaran 1 pindang : 1,12 centong nasi)untuk kucing dari kecil umur 1 bulan dan sekarang sudah turun sampai ke cucu kucing, dan masih ada 3 ekor, alhamdulillah sehat-sehat dan gemuk-gemuk.


  13. hemm,numpang komen ya..

    kayaknya resep di atas hanya bisa diaplikasikan buat kucing kampung, bukan kucing ras (persia,anggora,maine coon,dll)
    kenapa?
    1. Ikan Pindang. Ikan pindang yg dijual pasaran (biasanya di kotak anyaman bambu) sudah diberi garam dengan kadar yg cukup tinggi..sedangkan untuk kucing ras sebisa mungkin diberi asupan garam yg rendah, karena kandungan garam yg sedang pun dapat membuat bulu kucing rontok..
    2. Nasi. Nasi adalah sumber bahan makanan yg kandungan utamanya adalah karbohidrat, sedangkan kucing adalah hewan yg asupan gizinya lebih banyak membutuhkan protein.. Terlebih lagi nasi dapat membuat bulu kucing ras mudah sekali rontok

    Kalau boleh kasih saran, saya biasanya membuat sendiri makanan kucing untuk s0re hari,dengan bahan utama: ikan cucut, kacang ijo (bisa diganti tempe, dan minyak ikan..proses pembuatannya:
    1. rendam kacang ijo semalaman agar lebih empuk.
    2. lalu rebus kacang ijo hingga terlihat pecah kulitnya(pertanda sudah matang).
    3. di akhir perebusan, masukan 1/4 bagian ikan cucut hingga terlihat matang (daging ikan tidak butuh waktu yg lama untuk matang)
    4. tiriskan air rebusan.
    5. ulek bersama kacang ijo dgn daging ikan (jgn lupa hilangkan dulu durinya), dan tambahkan minyak ikan agar baunya lebih memikat untuk kucing
    6. dalam pengulekan, sebisa mungkin jgn terlalu halus atau terlalu kasar..

    pakan kucing berkadar protein inggi siap disajikan untuk kucing tersayang


    • jadi kalo kucing kampung boleh di kasih makan sembarangan? mereka sama2 kucing lo, jangan gitu ya, kalo mau kasih resep kasih aja, jangan mengkotak2an kucing, ini buat kucing ‘ras’ yang makanan ga jelas boleh buat kucing kampung, kucingku kucing kampung tapi makanannya juga premium


    • maaf mo nyanya
      kan tadi di penjelasan awal ikan cucut mengandung kadar garam tinggi,nah bukannya ikan cucut juga yang biasa ada di pasaran banyak mengandung kadar garam???/
      terimakasih


    • nice info, thanks. btw ikan cucut teh naon?kek apa itu? maklum gak suka ikan tapi suka kucing nah lho ho ho ho


    • kucingnya diistimewakan sekali ya, berarti orangnya juga harus lebih istimewa lagi makanannya dong.


    • dodol nih orang, yang namanya kucing mau kucing kampung indonesia apa kucing kampung luar negeri sama aja kucing yang penting mah gimana kita ngerawat nya aja jaga kesehatan nya, jaman dulu di alam liar nya tuh kucing juga makan nya cuma tikus gak pake ikan cucut segala dan terbukti bisa bertahan sampe sekarang


      • di atas gw yg PALING DODOL .. ga biasa pelihara kucing ras ikut komen .. ckckck, kucing gw jg muntah kali makan makanan lo ..


  14. Wahhhhhh berguna banget nih buat info menghemat makanan kucing. Gak nipisin kantong. Thank untuk yang nulis ni artikel y…


    • tapi kucing kan kucing persia… gimana neh??


  15. wah…saran’a bgus2 smwa ne… makasih tuk info na y…….


  16. o y… mw nanya jga ne…. lw sampo yang biasa di pake ma manusia bisa g di pake tuk kucing ras??? tlong jawaban lengkap y bg tmen2 yang pnya pengetahuan lbih…


  17. wah.. resep danar bagus.. patut dicoba.. aku suka


  18. Mas mas,mbak mbak…sy yg udah pelihara kucing 7 tahunan skr sisa 13 ekor mo kasi saran ya…
    Apapun menu yg diberikan jgn skali2 bahannya tidak dimasak lebih dulu alias MENTAH.Mas2 mbak2 hrsnya paham tentang penyakit TOXOPLASMA yg salah satunya dtg dr bahan yg mentah trus dikasi ke cats kita..ribet dikit ga p2 dch demi kesehatan KITA & anak2 berkaki 4 yg lucu2 itu..direbus sampe lunak bgt br diaduk rata dg nasi


  19. Mas indra, sy punya kucing persia dirmh..mandi nya pake sampoo khusus kucing dong Beli di petshop..kalo ga mampu beli yg bagus beli aja yg paling murah yg penting memang khusus buat kucing ras..Kalo kucing kampung sy mandiin pake sampoo bayi ga p2..


  20. wah banyak tips2 dari para pujangga kucing ^^
    terimakasih sudah men-share. hmmm…memang seharusnya makanan untuk kucing selain kucing kampung jangan bahan yang mentah. ya, demi kesehatan sahabat2 berkaki empat kita yang lucu2 dan menggemaskan ini ^^


  21. Klo kucingku kucing kampung…dia maunya makan nasi plus ayam yg direbus pake bumbu penyedap m*s*ko…kdg2 klo kepengen irit aq ganti pake ceker ayam rebus m*s*ko juga…aplg sekarang dia sdg menyusui 5 ekor anaknya…gendut2 lg anaknya…ceker ayam kan mumer dan bergizi tinggi…tp senebarnya gk musti ayam terus…ikan gembung,tongkol,tenggiri goreng campur nasi juga dia mau kok…hehe


  22. hai teman2…bisa gk ya ???anak kucing pakai pampers??soalnya klo udh pandai jalan2 suka beser and boker sembarangan didlm rumah!!!hehehe…kenapa ya gk ada jual pampers buat kucing??/xixixi


    • pakaikan pembalut saja, sperti kucing saya kalau lagi diare


    • Kenapa g coba untuk diajarkan aja, agar dy g bandel buang air sembarangan. Emg sih ngajarin kucing agak susah, terlebih klo udh besar. Tp lama2 jg dy akan terbiasa dg sendirinya. Asalkan Qt telaten ngurusnya.


  23. aku punya anggora en persian,gak ada masalah tu aku kasih makanan yang sama kayak resep di atas tapi aku kurangi nasinya,cuma satu sendok makan pas makan siangnya.sekarang beratnya dah nambah 1/2kg en bulu tambah lebat gak rontok


    • di kasih makan apa ica?trs cara penyajian nya gmn?


    • Itu pake yang ikan pindang ato ikAn cucut neng???


  24. aku pikir nih,entah mau kucing ras yg mahal ataupun kucing kampung,semuanya sama yaitu mereka tetep kucing,makhluk yg menggemaskan buatku&karena mereka adalah kucing walaupun beda ras tapi mereka tetep kucing (muter muter dah xixixixi) menurutku jangan mendiskriminasikan kucing seperti misalnya dengan memberi makan yang terbaik untuk kucing ras yg baik dan memberi makan seadanya untuk kucing ras yg tidak terlalu baik (kucing kampung menurut kata orang xixixi) ..itu namanya udah diskriminasi kucing tuh,menentang haknya kucing hehehe jadi ras apapun yg kita pelihara pastinya kita berikan yang terbaik buat mereka karena kita sayang sama mereka,pastinya teman!kucingku kucing kampung,lebih suka kucing kampung krna mereka lebih gesit,lebih berhidung mancung hehehe kayak orang aje, bulunya lebih perndek jadi badannya yg terbentuk keliatan,kayak kucingku dulu kampung cowok badannya besar kekar bsa dibilang six pack perutnya kalo dia orang mungkin kayak ade rai walaupun kucingku dulu cuman dikasih makan nasi ma ikan pindang kadang bandeng, ga kayak ade rai yg makannya mungkin lebih mahalan hehehe , sekarang juga punya kucing pelihara sendiri,kampung juga,nemunya di tempat sampah,emang kalo udah jodoh ga akan kemana trus aku pelihara krna aku orang amat sangat sibuk ma kerjaan,kadang dirumah kadang ga,lebih banyak enggaknya makanya ga bisa ngontrol orang yg ngasih makan ke kucingku makany aku kasih kucingku royal canin tp kalo aku pas dirumah liburan aku buatin dia homemade food for cat bsa dri ikan tawar,chicken/beef liver&ikan laut…walaupun kucingku cuman kucing kampung aku selalu merindukannya,kalo aku pas kerja jauh krna kerjaku hrus keliling beberapa dunia beberapa bulan a.k.a pelaut kapal pesiar aku sering telpon rumah nanyain kabarnya ma kakakku yg ngejaganya(sebenernya dia suka kucing cuman ga suka kalo mereka pipis&beol)&cuman mo denger meongannya xoxoxoxo …aku pikir aku lebih mencintai kucingku drpa cowokku xexexe karena dikamarku banyak terpampang foto kucingku drpa cowokku hahahaha,lebih seneng ngapa2in ma kucing drpa ma cowokku…so i do care whatever my cat is,they’re cute,funny,honest and true friend for me


    • lebay banget…..


    • siiiiipppppppp………. dah


  25. setuju upin sama yang diatas saya.. nice.. :D

    danar sih pecinta kucing ras, bukan pecinta kucin.. :P


  26. Maaf sblumnya saya tak tahan ingin menulisnya nih.
    Jika anda syang dgn kucing peliharaan anda jgn pernah beri mereka mkanan berkarbohidrat tinggi seperti nasi dn biji2an.Hnya mempercepat timbul diabetes.Menyiksa kucing anda scara perlahan.Jika ingin memberi ikan kukus dhulu dan jgn ikan pindang kdr grm sgt tinggi mnyebabkan penyakit saluran kencing.Ikan mentah mgndung thiamin mgurangi kdar vit b dlm tbuh kucing.


  27. Satu lg bhan2 yg disebut penulis diatas murah tp sekali lagi jk ingin kucing peliharaan panjang umur dan sehat ampe 20 taun hindari karbo.Kucing carnivora sjati bkn pemakan biji2an.Efek nasi memang menggemukkan tp diabet mengintai dan kucing anda gmpang terserang penyakit lain.Search i net jk tdak percaya.
    Beri mereka ayam,bebek,kelinci,puyuh,tiput bs raw bs kukus.


  28. waaaah…klu kucing aku mah wktu masih kcil dikasih makan bu2r bayi yang dicampur ma sedikit susu…truz kalau udah gede dikasih ikan asin sama nasi putih plus tulang ikan sisa makan sendiri….soalnya kucing aku ntu apa aja doyan(maklum…sama kayak empunya)….he…he…he…1000X


    • mantap…..hehehehehe


  29. ribet buanget ya ngurusin hewan kesayangan yang satu ini hueh bingung aku maaak….


  30. kl gw kasih 6 kucing gw pake kepala ayam..

    caranya:
    kepala ayam taw ceker ayam di rebus atau di presto sampai empuk lalu ancurkan,air rebusannya di kasih agar2 tanpa rasa lalu campur kan kaki ma kepala ayam yg sudah di ancurkan,.
    simpen dalam lemari es bisa tahan lama dan dijamin kucing2 pd gendut ma pd lahap makannya!!

    kucing2 gw di rumah pd endut!!


    • wah boleh dipake nih resepnya sis :) nanti ku coba ya sama 8 kucing ras ku


    • dear ayu,

      Salam kenal sblmnya ..
      Langsung nanya blh y .. Dlm rebusan ceker dan kepala ayam itu perlu ditambahin bumbu spt royco atau maggi g ?
      Trus bisa dikonsumsi tuk jenis kucing kampung dan ras jg g ?

      mohon jawabannya y .. Thx.


  31. wah seru juga nih bahas makanan kucing…
    yang penting kucingnya doyan dan tetap rutin dikonsultasikan ke dokter hewan.
    mau dikasih makanan kemasan terus juga berpotensi tergganggu kandung kemihnya..
    ya semuanya sih bagus tapi tidak berlebihan aja dalam konsumsinya n banyakin minum air putih


  32. jadi kalo kucing kampung boleh di kasih makan sembarangan? mereka sama2 kucing lo, jangan gitu ya, kalo mau kasih resep kasih aja, jangan mengkotak2an kucing, ini buat kucing ‘ras’ yang makanan ga jelas boleh buat kucing kampung, kucingku kucing kampung tapi makanannya juga premium


  33. Menu standar kucing di rumah. Bedanya kalo dirumah dimasak dulu. Katanya untuk mengurangi resiko tokso dengan menghindari memberikan makanan mentah.
    Mengenai isu diskriminasi kucing, bukannya kita bermaksud membedakan tapi cuma berlaku realistis. Untuk kebutuhan kucing kampung yang nggak terlalu rewel dengan pakan tentu tidak ada keharusan untuk menyamakannya dengan kebutuhan kucing ras yang ‘manja’. Sesuaikan saja dengan kantong pemeliharanya. Gitu saja kok repot, gitu tho Cing, ….. eh Pus.


  34. wah seru jg ni bhas makanan kucing. .hehe
    low kucing q, kucing kmpung ma kucing persia, makanax pun jg sama : nasi ma pindang. kata cpa jga nasi membuat rontok tu bulu, kenyataanya kita stiap hari jg makan nasi jg gak rntok tu rambutku, hehe.
    yg terpenting apapun makananx terserah, asalkan si kucing suka. n slalu merawatx.


  35. Coba deh aku beri makan kucing aku kayak gitu, e itu kucing persia atau biasa


  36. makanan animal kingdom (semua hewan, manusia masuk di dalamnya) dilihat dari bentuk geliginya (gigi) bentuk gigi seri fungsinya untuk memotong makanan berbentuk laminar (lembaran) dan tubular (tabung) jadi fungsinya untuk memotong sayur2 an; bentuk taring fungsinya mengoyak makanan yang bersifat kenyal (daging) dan bentuk graham fungsinya untuk menghaluskan berbentuk biji-bijian. maka kalau manusia pengen sehat maka gigi seri kita 8 total gigi kita 32 sehingga 8/32 atau 1/4 piring kita harus berupa sayur, taring kita 4 sehingga 4/32 atau 1/8 piring kita harus berupa daging dan sisanya harus berupa biji-bijian (bukan hanya beras aja lho) sehingga pencernaan kita akan siap menerima makanan. pun begitu juga kucing kesayangan kita…kita teliti aja bentuk geliginya….oke semoga bermanfaat


    • wah rumit juga ya kalau harus neliti giginya dulu ..
      udah keburu kelaperan kucingnya .. hehhe ..


    • wahhh bisa2 di gigit heeeee


  37. tapi kan kadang2 kucing juga bosen kalau makanannya itu2 aja ..
    jadi selain aku kasih makan kayak yang kamu saranin,kadang aku kasih aja telur goreng atau bahkan roti yang seribuan .. hehhe ..
    abis juga hlo ..


  38. Sudah-sudah…mau kucing ras atau kucing biasa, tujuan dibuat thread ini adalah untuk berhemat
    Ini seperti kita pake premium atau pertamax plus buat motor kita
    Yang tahu keadaan cuma sang empunya

    Kalo mengingat kesehatan dll emang ya gitu…tapi kita kembalikan lagi ke tujuan awal

    Kalau emang kita ngga mampu beli Royal Canin yang secara lebih mahal dari porsi makan orang Indonesia PADA UMUMNYA kenapa harus dipaksa

    Pilih kita sehat atau kucing sehat hahaha

    Perut mereka akan menyesuaikan dengan keadaan, seperti orang miskin makan nasi aking, kalo orang terlanjur kaya mah mesti sakit perut tapi mereka juga bisa hidupkan

    Semoga dapat disikapi dengan bijak hehehehe


  39. maaf gan kalau tongkol dan tempe sih lebih baik buat manusianya aja,…. heheheh kalau mau irit ya di kasih tau aja kucingnya dengan satu kata .. hemat… heheheheheh…..


  40. Kalau dikasih Ikan Sarden Kaleng utk manusia boleh nggak ya ?


  41. tips.
    1. Makanan buatan harus dimasak untuk menghindari toxoplsma
    2. Buat perbandingan 1 : 2 (satu protein ikan / daging dicampur dengan 2 karbohidrat nasi/tempe/kacang ijo
    3. 2 minggu sekali mandikan dengan air hangat terus jemur 1 s/d 2 jam
    4. perhatian dan kasih sayang
    5. tetap selalu menjaga kesehatan


  42. Bingung,,,
    mana benernya. ..


  43. mmm teman” smua na klo misal na kucing na ngak mau mkn ikan pindang.
    ada lagi ngak makkanan yg lbih murah dan gampang bikin nya selain ikan pindang itu. . ?? :(
    mkcii y saran na :)


  44. Kalau kucing aku baru hari ini makan Friskies ::Kemaren²nya makan whiskas ::Tapi lebih mahal T_T :: Kalau Friskies lebih murah makanya aku coba. he he he :: Bulunya tebel dan G mudah rontok dan wajahnya makin comellll


  45. saya baru nemu anak kucing ditengah jalan hampir tertabrak, ya udah sy pungut aja, kucing itu kyknya bekas dimainin anak2 krn dilehernya ada benang layangan, masih kecil kyk baby gitu, maunya main mulu, muter2, ngelonjak2, pas dibawa pulang mlm itu bingung mau dikasih makan apa, akhirnya sy kasih air putih n diminum wah seneng deh bisa ngilangin haus dia, trus sy kasih nasi hangat ma abon sapi diaduk2, dimakan sedikit, trus dibuatin susu (adanya cuma susu coklat) diminum 1 sendok trus ditinggal, dikasih telur dadar dimakan secuil, sy rebusin ceker aja, air kaldunya saya kasih, diminum sih 3 sendok, cekernya 1 biji sy suir2, dimakan sampe habis trus dia ga mau lagi, trus besoknya dicoba kasih ceker lagia saya suir2, dimakan tuh lahap tapi sorenya pas dikasih lagi dia emoh, wah bingung deh, siangnya saya kasih nasi campur lauk teri kacang, cuma makan segigit, ditinggal, sy jadi frustasi…soalnya belum pernah piara kucing. nti saya mau coba kasih susu bendera dan makanan bayi aja kyk saran diatas, bantu saya dong teman2..


    • kalo masih kecil banget dikasih susu bayi yg free lactose/ bebas laktosa n makanannya kasih whis**s / fries**s wet/dry food yang untuk kitten, bisa dibeli di petshop or supermarket2 (kecuali alfamart / indomart dah pasti gak ada). Atau kalo mau gampang, ya kasih ikan cue’ (yg di keranjang2 gitu), ngasihnya bisa dicampur nasi or ikannya aja.


      • Dulu kucing q jg makannya ika cue’ sm nasi diaduk2, trs minumnya dibikinin susu kentel, makan tiap pagi, siang n sore. Klo setiap mau makan aq biasanya suka bunyiin sendok k piringnya dy, dy pasti lng lari k aq..

        Tp sekarang udh ga ada kucingnya.. :(


    • setau aku kucing itu baik yg kecil ato gede ga boleh dikasih susu coklat,susu sapi atau susu apapu yang mengandung laktosa karena bisa merusak pencernaan mereka..


  46. kucingku masih keciil.. cocok juga gk iya,,??


  47. Y-bgt lah


  48. Nama kucing ku ,keke d-black bulu ny hitam,panjang,n tebel.tp syg na rontok.
    dia mancung g sma kyk kucing laen sjenis nya.dia dr persia,
    kmaren aq abiz gnti makan na dr whiskas basah ke kitten kering,
    dia kalok makan wishkas gak mencret tp kalo yg kitten kering ni mencret td pgi.
    g biasany dy mencret ,aq kash kerupuk,roti,telor puyuh yg di angkringan pun dia mau,kecuali nasi dy g suka.
    kalo mkan yg kyk bgtan dy g mencret.aneh y?
    tp aq tkt kseringan ksh mkan kyak mkanan q gt tar dy knp2.
    tp kalo udh akir blan n kere bgd dgn sedih ny aq ksh aja roti,tlor pyuh gt.
    apa pun makanan nya bluny ttp rntok.aq jd pusing,
    ada solusi g?
    keke jga gak sm ma kucing tman q nama ny mo2,
    dr persia jg.mo2 t liar kalo pintu ke buka mo2 pazti kabur.kalo keke ngak,mau pintu k buka kek mu rmh pun skalian roboh dia g mau keluar rmh,anak rmhan bgd dia.suka aku plharany n bhkan aq tggalin dia n pntu k bka dy ttp ada d dlm rmh,kecuali d maling org .hehehe,
    dia plg g suka jalan di aspal sma kyk kucing ny dara the virgin si lami.hehehe,
    aq mikirin kalo puasa aq plg ke sumatra keke tggl ama sapa y?aq ti2p d petshop kasian d kandangin trz mpe 2 bulan toh?
    huhuhuhu.
    aq jual aja ,ada yg mu bli g y?tp aq ksian.


  49. ikutan nimbrung juga deh,, mumpung aku juga punya kucing n maybe bisa kasih masukan untuk ke yang lain
    aku setu banget ama pendapat diatas ttg ikan yang harus direbus dulu,kata dokternya olin (nama kucing ku) juga gitu boleh dikasih ama ikan asal direbus gunanya untuk memetikan bakteri yang ada dilapisan luar ikan.
    kan kita gatau tu ikan asalnya dari mana
    yang kedua ada yang tau gak kalo sebenernya makanan yang paling bagus untuk kucing itu telur (mentah), jadi seminggu sekali kasih kucing kalian kuning telur,caranya taruh di pipet n suapin ke kucingnya,rata-rata kucing gak suka tapi menurut (lagi-lagi dokternya olin) kuning telur itu juga bisa untuk penawar racun. waktu kucingku diare ngak nafsu makan dia saranin kasih kuning telur. tapi jangan banyak-banyak ya sekali seminggu adjah.
    pengganti makanan yang bagus kedua adalah susu jadi susu juga bagus buat kucing,pastinya yang gak mengandung laktosa
    suatu hari …(cieeh) aku pernah kasih makan olin nasi ujung-ujungnya dia malah diare
    klo aku denger masukan dari temen yang lainnya kayaknya kucing itu gak bisa disamakan perlakuannya antara satu dengan yang lainnya,mungkin yang lain fine2 aja dikasih nasi n ikan tapi yang lain mungkin gak begitu. sama halnya kayak kucing ras n kucing kampung mreka juga gak bisa disamakan dalam hal perlakuan soalnya sifat dari kucing ras yang “manja” kucing kampung kayaknya juga punya kekebalan tubuh yg lebih tinggi dri kucing ras.
    n gak semua merk mahal cocok ma kucing kita ,,kucing ku contohnya dia pernah aku kasih makanan kucing yang harganya hampir sama kayak harga perawatan muka ku dalam sebualan tapi dia gak cocok dgn itu akhirnya aku coba yang lebih murah
    HASILNYA melegakan ku dan kantong kuw dia lebih seneng ama makanan yang tidak terlalu mahal

    sekian cerpen dARi saya
    saya ucapkan terimakasih
    MDN ____ MALANG____


  50. betul tuh,,aq setuju.. ga semua cat food itu cocok sma pencernaan si kucing…
    kl mw ksh ikan ato mkn basah bikinan sndiri entah itu di kukus ato di goreng yg penting di masak dg suhu 40derajat celcius biar bakteri nya mati n jgn gonta ganti ikan takutnya bulunya jd bermasalah…

    pengalaman aq mah y nanya” ke vet aq,,ngasih nya ikan bandeng di kukus n ga dksh garem lgy…
    tp jgn keseringan jg kasih catfood basah kurang cocok bwt pencernaan nya bgi si kucing itu sendiri…
    alangkah baiknya kl dkasih catfood yg kering meskipun mahal tp kl qt sudah berkomitmen bwt ngerawat n melihara hewan jgn setengah”… aq pun jg gt sma hewan peliharaan aq,, mw itu yg lokal ato yg ras,,kesahatan n makanan nya sebisa mungkin yg terbaik untuk mereka…


  51. I am extremely impressed together with your writing talents as smartly as with the structure for your blog. Is that this a paid subject or did you modify it yourself? Either way keep up the excellent high quality writing, it’s rare to look a nice blog like this one these days..


  52. gimana kalo pindangnya digoreng dulu?


  53. salm hangat ..
    dah lama saya punya keinginan buka petshop,
    saya mau nanya, klo seanadainya saya beli assesories,makanan atau perlengkapan yg lainya buat kucing n dog,
    apa anda akn memberikan harga yg lebih murah, jika qt bekerja sama???
    thanks


  54. klo ikan lain? selain ikan pindang,bisa??dan jenis ikan apa?


  55. aq sih pengen bgt mengurus kucingku dgn baik, ngasih makan yg baik, tp apa mau dikata, ortuku sk ngomel2,, dibilangnya aq terlalu berlebihan dlm mengurus kucing. jd nya aq suka sembunyi2 ngasih makan mereka, klo ada ayam ya aq ksh sedikit sm mereka, dicampur nasi tentunya coz ga kuat klo ayam doank,, kan harus bnyak, klo ga, mereka ga bakal kenyang, ntar ribut2 mulu minta makan. klo ada ikan ya aq kasih kepala ama siripnya,, klo ga ada ikan, aq kasih telor goreng, tu jg sembunyi2 ngegorengnya pas ibu ga merhatiin, duhh repot bgt dehh.
    kadang cape diomelin mulu! stres.


    • Q juga punya kucibg ras persia dan kucing lokal. Si Ginger nama kucing persiaku itu tipe kucing kalem yg serba g nakal. Dy makan dryfood merek prop**n dan sejauh nih sejak dy makan itu bulunya jd g bgtu rontok. Kalo dlu d kah makanan rumahan kyak ikan sisa makanan qta bulunya rontok bgt. Sedangkan melati kucing lokal ki. Dy mw makan apa aja bhkan kecoa atw tikus skalipun. Kalo kata dokternya Ginger kucing ras dan kucing lokal berbeda ketahanan fisiknya. Kalo kucing lokal kan dy sdh hdup ribuan tahun d daerah subtropis jd trbyasa dengan suhu udara yg panas dan juga daya tahannya atw kekebalan tubuhnya dalam smua makanan lbh kiat d bandingkan kucing ras yg sejatinya adalah kucing luar yg berusha bertahand daerah subtropis. Kucing ras kyak persia akan jauh lbh baik jika tinggal d ruangan ber ac karna kata dokternya kalo trlalu panas berpengaruh pada bulu/rambutnya. Untuk makanan baiknya d rebus atw d kukus dahulu sblom d ksj ke si mpus baik kucing ras atwpun lokal. Kalo makanan sih sbaiknya ksh dryfood aja dngan grade b paling g bsa d liat d beberapa blog yg mnjelaskan grade dr mrek makanannya. Serta d selingi dgn wetfood atw freshfood yg qta bwt sndiri.

      Smoga membantu ^-^ salam meoooowwww


  56. Gw jg resepnya sama, cuma klau gue di tambahain minyak jelantah sdikit. lalu di aduk lg smpe rata. kasihkan deh..pasti di jamin habis. he..he.. lam kenal.


  57. Sy punya kucing persia anggora dari anakan sampe sekarang udah umur-+11bln Cuma diberi makanan ikan tongkol segar yg telah direbus terlebih dahulu sampai matang.dan jgn lupa buang durinya.dan sampe sekarang bulu kucingku gak pernah rontok serta sehat dan berbulu lebat,hehehe,..


    • Mnurut ak sih mw kcg ras atw kcg kampung kek dua2nya sama2 kcg n dua2nya punya sistem pncernaan yg sm,jd jgn mntang2 kcg kmpung lantas dberi mkn smbarangan,,sy pun ga mw memanjakan kcg2 ras sy dgn makanan yg itu2 aj dr merk trtentu,slain utk mlatih pncernaan si pus,jg utk mngakali pngeluaran utk mkanan si pus klo duit lg tiris,,sama aj lah ky manusia trlalu bnyak buku yg mnulis tntang cara2 brdiet n pnerapannya,larangan2 pd mkanan,knyataannya ga smua mnjalani itu tp tetep bs mnjalani hidup dgn sehat n normal,,jd klo k kucing jg cocok2an,mahal ga harus bagus,larangan ga boleh ini itu jg blm tntu sesuai dgn kbutuhan si kucing,,mnurut ak sih yg pnting qt yakin aj sbelum mnghidangkan sesuatu ke si pus n baca bismillah,,hehe


      • Kalau menurut sepengetahuanku kalau tidak salah sebenarnya berbeda.

        Bedanya, kucing yang disekitar kita (kucing kampung) adalah keturunan kesekian dari kucing yang sudah bertahan dan beradaptasi dengan makanan yang bermacam – macam dan sudah lebih tahan terhadap berbagai masalah dan penyakit yang umum ditemui.

        Kucing ras, dibiakkan di tempat yang sangat terlindung dan terkondisikan dengan baik, dari beberapa generasi di atasnya mereka terbiasa dengan makanan tertentu saja, hidup sangat terlindung dan karenanya jauh lebih rentan terhadap makanan yang bukan ‘pabrikan’.

        Jadi wajar kalau untuk kucing ras harus lebih hati – hati, makanan harus dijaga, dimandikan, divaksin, dsb, sementara kucing kampung umumnya tanpa vaksin juga umurnya panjang.

        Jangan salah lho, aku bukan pemilik kucing ras, aku lebih suka mengadopsi kucing di sekitar rumah yang ditelantarkan. Setelah lama berhenti memelihara kucing dari waktu SMP, sekitar 1-2 tahun yg lalu mulai lagi, dan saat ini ada 5 ekor (nenek, 3 anaknya tapi beda generasi dan 1 cucu), tapi bukan yang gemuk2.

        Kenapa? Karena aku pengen kucing – kucingku masih bisa mandiri (hehehe). Disamping makan 2x sehari (makanan kucing basah kalengan campur nasi) dan sedikit snack beberapa kali sehari (makanan kucing yg kering), mereka masih cukup lincah untuk menangkap tikus, cicak, kupu – kupu, capung dll.

        Jadi dietnya cukup beragam dan dijamin segar :)

        Selain itu karena cukup ramping, kalau mereka lagi main bareng, seru banget, kejar – kejaran dari ujung rumah ke ujung yang lain dengan kecepatan tinggi. Ini nggak akan bisa terjadi kalau mereka kegemukan.

        Bukan berarti aku bilang ini cara paling baik memelihara kucing lho, tiap orang pasti punya keinginan sendiri – sendiri kucing yg ideal buat mereka seperti apa :)


  58. ikan pindang di ganti ikan yg lain apa bleh yaa…???


  59. bagus tipsnya…
    Tapi kucingku si Leonel ga doyan ikan, dikasih ikan cuma dicium doang trus milih wiskasnya..
    Gimana tuh?
    Duit nipis bwt mkan leonel doang..


  60. Kucingku ada 5, tiap hari aku kukuskan tuna besar 1 utuh. Bisa juga belanak atau bandeng. Tidak pernah diberi nasi. Semua sehat dan lincah serta bulunya mengkilat


    • tu ikan nya cuma di kukus aja?bulu nya rontok g?


  61. Thank you for your suggestions, I also have a cat at home, his name is Cheicha, he was funny and very cute, sorry extension.


  62. kucing kmpung m ku ras disamain….y goblok namanya…y jelas beda lah…yg ngmong sma cba googling dlu deh.
    umur kucing kmpung cmn bsa smpe 15 th.tp kucing rmh bsa smpe 20 th loh,…


  63. It bwat makanan kucing angora bsa gk


  64. mau tanya ya, ikan tongkol boleh tidak untuk kucing anggora , ada yg bilang suka bikin korengan


  65. mau tanya juga nih..
    kucing anggora katanya klo mau di ksh makan tongkol emng hrs terbiasa dari kecil ya??


  66. aku juga mau coba ah


  67. itu berlaku untuk semua jenis kucing atau cuma kucing tertentu aja?
    pengaruh g sama bulu nya?
    klo untuk kucing persia gpp tu mas?


  68. sebenarnya sehat sih sehat. memang banyak proeinnya. tapi ini yang membuat ada istilah kucing maling ikan, hehe… karena dia udah berfikiran bahwa makanan manusia itu sama dengan makanan dia.
    berbeda jika dia hanya diberi makan makanan khusus sejak kecil. maka ditaruh di meja makan pun, si kucing gak mau mengganggu ikan kesukaan kita, hehehe.


  69. Kucing lokal q jg mkn sprti itu…
    Tapi kalau kucing persia emg gpp???


  70. wah , boleh nih ane praktekin . . .


  71. Wah ni biza jadi inf pnting buatz kucing yg palin kucintai muach i love you my cats


  72. boleh buat kucing anggora gak kk?


  73. ok, mksh atas tips nya y. . .


  74. Itu sih resep yg udah biasa/umum


  75. Emang Kªl☺ kucing persia ϑĭ kasih pindang bulu ʼnƔǎ >:/G̲̮̲̅͡å rontok??
    Terus ikan pindang ʼnƔǎ >:/G̲̮̲̅͡å ϑĭ goreng dulu??


  76. Aq punya kucing ras,, aq kasih makan ikan tuna yg tentunya d rebus dUlu, lalu d campur dengan tempe.. Emang bau sich, krna harus d bejek2 sampai tempenya melekat dgan aroma tuna. Ikan tunanya jg murah ko. 1/4 cuma 8rb bisa untuk beberapa hari kdepan.. Kucingku lahap bgt. Y walaupun repot n bau amis, tp demi kucing tersayang, apapun d lakukan ^_^ tp sudah 2 bulan terakhir ini aq ganti, jdi makanan padat yg d jual d petshop. Aq beli yg hrganya miring, 35rb/kg yg bsa buat 2 minggu/ekor. Tp smpai skrang kucing q badannya besar dan bulunya lebat, apalagi buntutny yg seperti kemoceng. Hehe. Pdahal d kasih makanan yg murah. Tp skali2 gpP kn ksih mkanan yg agak mahal dikit, biar g bosen.. Hehe


  77. dear ayu ..

    Salam kenal sblmnya,

    A tertarik ma resep u tp blh nanya g .. Pada saat merebus ceker or kpala ayam tsb .. Apakah perlu ditambahin bumbu penyedap spt royco atau maggi ?
    Dan apakah bisa di konsumsi kan tuk jenis ras dan kampung ?

    Mhn jwbannya, thx y


  78. Perlu dicontoh ini, buat variasi makanan kucing.


  79. Menarik ini solusi pakan kucing yang murah, perlu dicontoh.


  80. kucing ku suka mkan mie goreng, snack chiki tar** mnum susu putih. Tpi ga ad mslh ap_ap mlh dia jdi tmbh unyu_unyu.


  81. hmmmmm saya sayang banget sm kucing saya….. kasi makan apa yaaaa biar dia lincahhhhh


  82. kucing saya anggora masih 2 bulanan umurnya. saya kasih campuran nasi + ikan laut gak apa” ,malahan pelet ikan lele ikut dimakan juga.sekarang badannya tmbah berisi..^^


  83. Aku baru bli kucing 5 bulan yg lalu,skarang bdan dia gemuk sma lebat bulunya , aku kasih makan Royal Canin , kadang2 aku kasi ikan laut (ikan tuna) kalengan aku taro di tmpat mkannya aku haluskan sdikit pke sendok dya mau mkan kok gak dimasak tuh , trus aku ksi susu jga ( susunya mmg khusus kucing ya) dy mnum jga tuh gak pp2 ,tiap hari mnumnya air putih trus,dn skrnk dy mlah bsa ngerti ak ngomong ap (hehe maksudnya ngerti kyak manusia lah,kyak di pnggil dtang dy)..skian :) smoga bermanfaat ;)


  84. kalo kucing saya, saya kasih duit ceban tau dah makan di restoran mana :D


  85. sama aj donk, cra buat yang instan ada gk


  86. kalau kucing aq persia makanan nya aq kasih racun tikus beras merah dan smpAi sekarang dia gk apa2…….hehehehhe mklum kucing q ada ilmu kebalnya………kkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk


  87. mndi’in kucing pkek shampoo metal gmn menurut kalian semua yg brpngalaman??

    ane baru melihara kucing mulai kemarin. . .
    tolong sarannya yaaa


    • baiknya kalau mandiin kucing pakai sampo khusus kucing. tapi waktu itu dokter hewan nyuruh saya mandiin anak kucing di rumah pakai sampo Selsun biar kulitnya sehat dan nggak jamuran. mandiinnya juga harus pake air hangat dan cuma boleh sebatas leher yang diguyur air, kepalanya diseka pake lap basah aja. habis itu langsung dikeringin pakai handuk dan di-hair dryer :)


  88. Bagi2 infonya duNkkk……Kalau kucing bulunya suka rontok n napsu makannya kurang bagusnya gimana tuh


  89. bagaiman cara membuat makanan kucing sendiri? masalahnya tak jarang saat stok habis si kucing pun kelaparan mungkin di toko juga habis atau jauh tokonya, nah kalo ni kucing mau makan nasi sama ikan2an gitu ya sukur juga masalahnya gak ngerti mkan selain peletnya ituloh, jadi bagai mana cara mengatasi hal ini??


  90. Kalau mau kucingnya gemuk kasih minum telur mentah saja,,,
    telurnya bisa dicampur sama susu atau di kasih begitu saja,,,,
    untuk makannya bisa dikasih ikan goreng yg di haluskan trus dicampur sama nasi terserah mau ikan apa saja,,,
    tpi ikannya jgn digoreng trlalu kering dan nasinya dikasihnya jgn trlalu bnyak nnti kucingnya ngak suka …


  91. Like…….


  92. klo mau gampang menghancurkan makanan kucing nasi campur ikan gampang, masukan nasi dan ikannya ke mangkuk besar lebih bagus plastik gunakan ujung
    spatula (codet) untuk menghancurkannya


  93. Okeh,,, saya akan mencoba Πŷά̲̣ pada kucing Ǻq ci popon


  94. makasih ya infonya bermanfaat


  95. masing2 kucing terkadang punya karakter sendiri2…saya piara 1 angora 1 persian flat nose….pernah juga piara kucing biasa….pada kucing biasa ternyata pencernaannya lebih kuat, dikasi makan nasi campur tongkol ga ada masalah,sedangkan kucing persian ama angora saya dikasi makanan kering dari dokter hewan juga mencret,kurus kering,akhirnya saya muter2 cari cara bikin makanan basah,saya buat dari ikan kembung 1,5kg diblender trus dimasak pake ager2 3 bungkus…hasilnya kucing2 saya sehat semua,jadi bukan masalah diskriminasi…kita yg udah terlanjur sayang ama kucing tentunya sebisa mungkin / semampunya kasi yg terbaik buat piaraan…saya beli makanan kering ukuran 1,5kg = 60rb, bikin sendiri ikan 1,5kg = 22rb + ager2 3 bungkus 6rb total 28rb …lebih irit,dan kucing lebih sehat


  96. kucing piaraan aq aja malah doyan berburu makanan sendiri, padahal tiap hari udah d’kasih ikan tongkol + nasi tapi dia masih ajj doyan makan tikus yg besar” dan dia sehat” ajj kok…


    • Ikut menambahkan.
      Tolong kalau kalian memang mengaku cat lover jangan sembarangan memberi mereka makanan. Mereka mau makan nasi, roti (apalagi makanan sisa yg digoreng dan berbumbu) itu bukan makanan alami mereka, bukan karna suka tp terpaksa karena lapar. Kalau mau menghemat cari ikan murah dan direbus (tidak perlu sampai matang tp untuk membersihkan dari kuman saja). Kalau memang ada uang lebih buat memanjakan mereka kasih ceker atau kepala ayam yg direbus gak perlu bumbu apa2. Mau lebih murah? Mending tidak usah memelihara maka tidak akan ada pengeluaran. Apa lagi yg punya kucing ras, kalau tidak bisa memberi kebutuhan mereka serahkan saja keorang yg lebih mampu memberi kesejahteraan mereka.


      • Kalo dompet lg tipis, ya cari yg murah, klo banyak duit baru di manjain kucingnya


  97. Wkwkwkwkwkk… coment nya pada kocak2.. kucing aq makannya dry soalnya bukan karna apa2 yg punya nya mls ngepelin kalo yg basah bececeran bau lengket :D kalo vaksin itu wajib.. toxoplasma itu kalo kucing bulu nya rontok.msk ke badan si punya.. makanya kalo bs pakein anti kutu,sabun, sm sampoo yg emang buat hewan.. minum susu aja tp yg low fat jd biar six pack badannya :D kalo bulu nya kurang tebel pakein firdaus ada di toko obat :v #pisss


  98. aku punya kucing 2 ekor, yg satu Persia yg satu lagi Lokal, anehnya kucingku kesukaannya tulang ayam atau tulang sapi… kayak anjing saja, itu tulang dimakanin sampai hancur. dikasih makanan khusus kucing beli di toko malah gak mau….
    kok bisa ya kucing gitu….


  99. Terima kasih info nya ya. doain ya biar gemuk kucing ane.


  100. si chelsea kucing persiaku lngsung mencret2 di kasih makan resep pindang di atas… hikkkzz


  101. aduh aga khawatir juga liat cat lovers pada brantem diatas hhe munkin bukan diskriminasi ya tapi lebih ke apa yang mereka butuhkan lebih spesifiknya, sadar sbnernya point diskriminasi itu sndiri anda anda ini menyebut kucing RAS dan kucing KAMPUNG ! coba ganti dengan kucing Lokal dan kucing Luar munkin itu lebih baik apapun jenisnya yg penting kita sayang mereka dan mereka happy sama kita hihi


  102. Ok jg thx


  103. ikannya mentah yaa ?
    terus kalo selain ikan pindang gmn ? :D


  104. Kucingku Biasanya Suka Dikasih Makan Whiskas . Tapi Setelah Ada Informasi Gini Coba ah :) .
    Maksih infonya


  105. cm nambahin, dari nyoba” sendiri ini
    untuk makanan homemade jgn mentah ato di goreng karena untuk kucing sangat tidak sehat, memang efeknya gak akan kelihatan cepat tapi malah nyiksa ke depannya dan jg memicu penyakit.
    ga semua makanan mahal bagus buat kucing dan ga semua makanan murah jelek buat kucing.
    klo cocok ya kucing sehat, klo ga cocok ya jadi sakit.
    klo untuk homemade kasi aja ikan tongkol/tuna yg di kukus sampe matang baru silakan di olah pake resep di atas, di buat puding dll oke” aja.
    untuk nasi, pada dasarnya kucing itu kurang bisa konsumsi karbohidrat, di sarankan jgn terlalu banyak.
    dan ga perlu di kasi bumbu”an karena untuk kucing yg bulu panjang itu resiko klo di kasi bumbu, karena apa iya kucing” kita bisa mencerna itu
    yg ada malah nanti bulunya jadi gampang rontok dan ga bagus lagi dah.
    untuk ikan pindang ga di sarankan, krn ya spt yg di bahas di atas, kadar garam tinggi, jelek buat kulit kucing
    dan malah bikin saluran pencernaan kucing jadi ga sehat.
    alhasil pup nya nanti bau, encer ato malah kemerahan krn pendarahan.
    info itu ane dapet dari temen” ane sesama breeder dan dokter hewan.
    krg sreg yaaaa silakan konsultasi sendiri ke dokter hewan ya ^^


    • klo kucing tidak bagus dengan ikan dg kadar garam tinggi, gimana kalo di kasih makan ikan tambak (air tawar) misal, mujaer, sombro (ikan emas) dll yag berasal dari ikan tawar?, ada solusi?


  106. makasi atas informasinya tentang nasi kucing ini. siiiip.


  107. Beberapa hari terakhir ini dirumahku kedatangan kucing lokal (klo pake istilah kucing kampung kok dheso banget gitu) betina yang lgi hamil,. sebelumnya aku ga suka peilhara kucing, tapi hegitru aku liat dia pipis dan babnya di lubang toilet kamar ,mandiku aku jadi jadi kasian sama dia apalagi dia selalu berupaya menarik perhatianku dengan selalu menggsekan badannya ke kakiku,.aku ga pynya pengalaman memeliahara kucing tapi rumahku kerap dipake buat ngelahirin kucing2 yg tidak dipelijara sekitar rumahku. aku bingung kasih makannya setelah baca komen2 diatas malah tambah bingung,… aku harus gimana,.


  108. Kucing lokal ga ribet mba, dikasih nasi+pindang seperti yg ditulis d blog ini jg gpp, lbh bgs dikasih ikan/ayam/sapi, mw digoreng/rebus/kukus ga masalah.


  109. Klw pake telor, telor ny ðï apain ♧ȋȋ̊γ̲̣̣̥ÿ̲̣̣̣̥γ̥ɑ̤̥̈̊α̣̣̥α̍̍̊α̇̇̇̊♧?? Ðï goreeng ªpa̲̅a̲̅a̲̅’c∕̴Ɩ,,, ðï rebus. Masalahny makanan kucinbg persia ane ud abis, n dr pAaagi Βέ└υ̲̣̥♏ dikasih maakan. Td dksh nasi sm rebon ƍªќ mau. Dksh telor cm dkt.


  110. kucing ku diberi ikan tongkol malah rontok gimana cara agar gak rontok lagi


  111. Maaf, jangan anggap saya freak atau apa, mau tanya aja, kucing lokal dikasih makanan persia efeknya jelek apa bagus atau gak ada ya?
    Bisa ngembang gak ya bulunya.. :s

    Ngomong2 kucing saya gak jelas sih speciesnya, ortu-nya liar tapi bapaknya turunan manx emaknya oriental. (Jangan bingung ya, kucing persia liar aja ada disini =_=) Ini kucing lokal bukan sih itungannya? ( ._.)


    • kucingku kucing ras suka bosen kalo di kasi makan tapi tapi dia sering mencret juga.. bingung tiap hari harus ganti2 makanan..


      • kucingku mix (babe angora, nyo mix) dr pertama diadopsi a ksh df equilibrio tuk persia selangseling equilibrio salmon, rambutnya tebelllll empuk dan skrg mulai memanjang, g mau smskli diksh ikan, daging or ayam basah yg dikukus (d dicoba berkali2) tp suka kuning telor campur madu, kulit ma bulunya mengkilat, g rontok dan bebas jamuran kr a rajin ksh vco tiap hari.


    • Dulu sy sering ngsh vitamin kucing Nutri Plus Gel, bulu ny jadi tebal dan mengkilat, tp ya gk mgkn bs berubah kayak kucing Persia atau Angora. Kl skrg gk prnh lgi, krn gk ada pet shop disini.


  112. Sebenernya bener yg punya info sih
    itu kan dah keliatan judul nya
    “Makanan Kucing yang Murah dan Bernutrisi Tinggi”
    tinggal gmn kita aja
    klo punya kucing ras mau ikutin ya boleh klo ga ya gpp
    namanya juga Info :p


  113. kucing sya maunya makan tikus rumah, kalo di kasih ikan pasti dia gak mau . trus nunjuk2 tikus deh x_x gimana yahhh


  114. dasarnya kucing perlu 4 yg utama: protein, phosporus, kalsium dan taurin. mereka karnivora murni, nggak perlu nasi, apalagi sayuran. protein dan phosporus dpt dari daging, kalau mau kasih raw food, kasih daging ayam/unggas/sapi/kelinci saja. sangat dianjurkan kasih raw food. kalau mau kasih ikan, harus dimasak ikannya, krn ikan mentah mengandung thiaminase yg bisa membunuh vitamin b di dalam tubuh kucing. vitamin b perlu utk imun mereka. kalau mau bulunya sehat, vitamin e juga perlu. kalsium itu ada di tulang ayam/ikan. taurin ini paling susah, ada sih di daging, tapi sumber taurin paling banyak itu jantung ayam/unggas/mamalia kecil. itu yg saya tahu dari piara 200 ekor lebih kucing (sudah 17 tahun piara/adopsi/mungut2 kucing), semoga pengalaman saya bisa jd info buat yg lain.

    makanan kucing paling gampang dan murah, dibuat homemade, ya ikan direbus/dipresto dan diblender bersama vitamin, taurin dan agar2. sudah murah, sehat lagi. canned food kan mengandung msg dan pengawet dan pewarna buatan, jadi kucing itu cuma akan kenyang, tapi nggak sehat.

    jangan kasih tempe kebanyakan, krn buat sembelit. boleh kasih nasi kalo ternyata banyak campuran tulang di daging ikan (kebanyakan kalsium juga buat sembelit).. jadi kalo mau pake nasi, dipake sebagai sumber serat untuk menyeimbangkan, supaya kucing lancar bab aja. kebanyakan nasi malah mencret, dulu saya suka maksa, kucing memang makan dan kenyang, tapi gampang sakit. jadi saya take out nasi, seperlunya aja.

    simple kok. yg penting ada daging, ada kalsium, ada taurin.


  115. oh ya, ngga usah kasih bumbu kaldu macam royco dll. nggak perlu. malah bahaya krn ada msg dan garam. garam bahaya buat bulu kucing. kalo mau nambah2in aroma amis, kasih minyak ikan sedikit aja, tapi jangan minyak ikan kod ya. minyak ikan kod ngga cocok di pencernaan kucing. sebenarnya sih ga usah dikasih apa-apaa , kucing kan bukan orang yg akan komentar “nikmattt maknyusss” abis makan. yg penting ikan/daging, udah cukup buat mereka.


  116. Wkkwkwwkek kocak2 ni org pd komen. Ktemu ni blog,gara2 barusan bis bete ma kucing yg suka numpang makan tidur gratis drumah,,kayaknya dia tlanjur betah..
    Jadi tdi gw tuh dah bela2 in kliling nyari tempe gara2 pengen makan ikan ma sambel tempe bajak..akhirnya dpt tu tempe minta pula drumah nyokap..lg sibuk goreng ikan,,gw liat si kucring ini narik2 plastik,,gw pikir ah tempe ini,mana doyan dia..bukan ikannya ini….
    Ehhhh ikan jadi, mau bikin sambelllll…..tu tempeeee
    e abis dia makaninnn!!!!
    Kamfrettttt,,sejak kapan kucing doyan tempe…hikss pdhal dah niat kepala ikan nti buat dia…
    Ga jd makan enakkk…malah jd kpikiran knapa ni kucing frustasi bener makan tempe..jd aja gugling nemu blog inii
    Hahhahaha kocak2 jg tnyata


  117. tanya donk..Kucing qu udah kpengen kawin…tp ngawinin nya kok mahal y….ada info miring ngga nih..?? tq


  118. Pindang bandeng ny ga d masak dulu?


  119. Kalau kucing sya skax makan ikan tongkol atau tenggiri tdak yg lain, pernah sy ndak bli ikan itu krna ndak ada yg jual, jadix sy bli ayam, sy ksih diax ndk mau mkan sma skli, pling cma mnum air aja, dia paling suka pilih2 mkanan, gimana crax biar dia ndak pilih ikan ?


  120. skedar sharing ap yg sy alami & tau,tdk brmksd mnggurui,mmbedakn,mnyalahkn ato pun mmbnarkn.pd akhrnya smua kmbli kpd anda2 smua.

    kucing sejatinya trmsuk pd kategori karnivora (pmakan daging),jdi sangt dsarankn utk mmberikn makanan sesuai dgn kategorinya.knp?krn yg mreka butuhkn paling utama adlh protein ,spt halnya manusia yg utama karbohidrat.
    bagi yg ahli dlm bidang kesehatan & gizi,ato yg lainnya yg ad kaitannya dgn isu ini silahkan klo mo mnjelaskan.

    sy yakin sbagian bsar manusia (trmasuk sy d dlmnya :D ) mnjadikan lidah sbagai pnentu mo mkn ato g mknan yg ad d dpannya.walopun scara urutan biasanya kbnyakan org dmulai dr mata,hidung & lidah,tp tdk pd kucing…lidahnya brbeda fungsi.(silahkan klo ad yg mo protest,masukan & pncerahan)

    dlm hal gemuk ato tdk,ad faktor X yg prlu dprhatikan.mulai dr faktor genetik,cacingan,dsb.dlm hal ini anda2 lah sbagai pmilik yg sharusnya lbh tau.bulu rontok?biasanya ad yg berlebihan ato kekurangan.

    sy pake istilah kucing “domestik” aj ya…kucing domestik & kucing Ras sangat brbeda karakteristiknya.yg paling menonjol biasanya dlm hal daya tahan tubuh.oleh karena itu kita sbagai pmilik yg notabene sbagai “guardian”nya,tdk bleh mmaksakn ap yg kita mau.

    mknan kemasan (dryfood ato wetfood) ato homemade,masing2 ad + – nya.silahkn anda tntukan sndiri.

    bagi anda yg bru mo mulai mlihara kucing,sy sarankan bnyk2 cari bhn bacaan/referensi sblum anda mulai.agar anda tau resiko & konsekuensinya.bagi yg sdh mlihara,tanyakan ini kpd diri anda sndiri “mo sampai umur brp kucing sy?” sy sarankan rawatlah sebaik mngkin,kenali karakter kucing anda,perdalam lg pengetahuan ttg dunia kucing.klo g sanggup mending lepasin ato dipasrahkan kpd pihak yg mau & mmpu utk mliharanya.
    bagi yg ingin mngkritik,goblok2in…silahkan…mhn maaf jika ad yg tdk brkenan.sekian & trima ksih


  121. Kwkekwkwkkk. Seru banget komennya para pecinta kucing.

    Kl pengalamanku sih, selama bertahun2 aku bertukar menu sesuai dg kemudahan dan biaya. Tentunya tetap memperhatikn asupan proteinnya.

    Setahun terakhir ini menu kucingku lele goreng (protein lele tinggi). Kdng mentah (krn kdg capek dan malas mngolahny, tp ini lbh baik dihindari). Tp kmd krn salah satu anak kucing demam gk mau mkan dn mnum, ak mengubah menu jadi lele rebus krn mau mengambil kalduny.

    Ak campurkn dg paracetamol sirup (skedar aja) kmd ak semprotkn pakai pipet. Setiap sbntr ak kasih kaldu lele lwt pipet. Ini spy si ‘tole’ tdk dehidrasi dan ada asupan mkanan. Skrg si ‘tole’ lebih segar dan bersemangat utk bermain kembali.


    • Sbnr ny pengen beli vitamin khusus kucing, tp disini gk ada pet shop :'(. Jadi hrs pintar2 mengakali ny spy mrk tetap sehat.



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: